“RINEKA” BERBASIS “VISIC NET”
SEBAGAI
UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN
PRAKTIK
AKUNTANSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1
SMA
NEGERI 1 BOBOTSARI PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh : Triawati
Agusnila, S.Pd. *)
ABSTRAK
Abstrak: Tujuan penelitian adalah meningkatkan
ketrampilan praktik akuntansi bagi peserta didik, meningkatkan rata-rata hasil
ulangan harian dan meningkatkan prosentase ketuntasan belajar peserta didik
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari. Manfaat penelitian adalah melihat lebih
dalam pemanfaatan akuntansi di dunia usaha, meningkatkan ketrampilan peserta
didik dalam memanfaatkan IT (Information
Technology) pada pencatatan akuntansi, melatih jiwa
kreatif yang bertanggung jawab, meningkatkan
strategi dan kualitas pembelajaran akuntansi di kelas, meningkatkan kualitas
kinerja guru dan menanamkan jiwa entrepreneur.
Penelitian dilakukan dua siklus. Siklus I empat pertemuan, siklus II dua
pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan ketrampilan peserta didik
77%, rata-rata hasil ulangan harian 78 dan prosentase ketuntasan peserta didik
79%. Siklus II menunjukkan prosentase ketrampilan peserta didik 85%, rata-rata
hasil ulangan harian 80 dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik 85%.
Pembelajaran “Rineka” berbasis “Visic Net” mampu meningkatkan ketrampilan
praktek akuntansi peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Kata
Kunci: rineka, visic net, ketrampilan, praktik akuntansi.
*) Guru Ekonomi/Akuntasi SMA Negeri 1
Bobotsari Purbalingga
No comments:
Post a Comment